ketika mencoba memahami bagaimana bisa orang-orang palestina bertahan menghadapi kekejaman Israel. Aku diberitahu sebuah kosa kata sumud artinya kesabaran, ketabahan ini adalah lagu yang mengngungkapkan perasaan orang-orang palestina ketika mereka dipukuli, ketika rumah-rumah mereka diledakkan oleh tentara Israel. ketika tanah mereka dirampas, mereka diusir, diancam dibunuh, banyak anggota keluarga yang ditahan, bahkan dibunuh.

Aku bertahan
Aku bertahan dengan tabah, Aku bertahan.
di tanah airku, Aku bertahan.
jika mereka merampas rotiku, Aku bertahan.
jika mereka membunuh anak-anakku, Aku bertahan.
jika mereka meledakkan rumahku.
oh rumahku.
dalam bayang-bayang dinding-dindingmu, Aku bertahan.
dengan harga diri, Aku bertahan.
dengan sebatang tongkat, sebilah pisau, Aku bertahan.
dengan selembar bendera ditanganku, Aku bertahan.
Dan jika mereka memotong tanganku serta benderaku
dengan tanganku yang lain, Aku bertahan.
dengan tanahku, dengan kebunku, Aku bertahan.
dengan keteguhan imanku, Aku bertahan.
dengan kuku-kukuku Dan gigiku, Aku bertahan.
Dan jika luka-luka ditubuhku bertambah
dengan luka-luka Dan darahku, Aku bertahan.

-dikutip dari “from Beirut to jerussalem” karya Dr. ang swee chai

Leave a Reply

